Responsive Ads Here

NASA : Lubang Besar Yang Permukaan Matahari Bisa Menjadi Ancaman bagi Bumi.

Matahari


Frendlynews, California - baru ini ditemukan lubang besar misterius muncul dipermukaan matahari. para ilmuwan mempercayai bahwa lubang besar tersebut akan dapat memberi dampak cukup berpengaruh bagi bumi.

setelah diamati oleh para ilmuwan dari jarak 75.000 mill yang di ambil lewat teleskop Solar Dynamic Observatory yang dinamai "AR2665",   ternyata lubang tersebut memiliki ukuran lebih besar dari bumi. Lubang ini bisa menjadi pemicu badai matahari besar ketika energi magnetik meledak.

Ini bisa menjadi sebuah ancaman bagi umat manusia. sebab, ketika badai matahari berlangsung, dampak radiasinya sangat besar dan dapat merusak semua yang hidup dibumi ini.

Radiasi matahari sebetulnya sulit melewati lapisan atmosfir bumi. tetapi jika intensitas badai matahari makin besar akibat lubang tersebut, maka di yakini akan menembus atmosfir dan merusak jaringan komunikasi.

Peristiwa ini pernah terjadi tahun 2016, namun para ilmuwan belum bisa memastikan dari mana asal usul lubang tersebut.

Gambar lubang pada matahari ini awalnya dipublikasikan oleh nasa pada situs resminya. mereka menyebut lubang itu dengan nama "Coronal Hole".

"Coronal Hole adalah sumber yang  bisa mengelurkan angin dengan kecepatan dan partikel solar tinggi. lebih cepat dari angin angin lainnya,"tutur juru bicara Nasa.

akibat "Coronal Hole" mampu mengirim lebih banyak angin matahari ke arah bumi dan membuat beberapa titik. (jek/why)

Sumber : liputan6.com
Share on Google Plus

About Arry Kurniawan

0 komentar:

Posting Komentar