Responsive Ads Here

Serka Siswadi, Salah Satu TNI AL Pertama Di Indonesia Yang Memakai Tangan Bionic



frendlynews.cf - Serka Siswadi (43) TNI AL, adalah tentara yang pertama kali memakai tangan Bionic di Indonesia.

pada saat itu , September 2014. Siswadi menjabat sebagai instruktur Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Marinir Angkatan Laut di Purboyo, Malang Selatan. dia bertugas membimbing 90 tentara pemula kompi B dalam latihan melempar granat. setiap siswa diberi granat namun ada 3 yang tidak meledak.



Sebagai Infrastruktur Siswadi menyisir area guna mengamankan dan mencari ke tiga granat tersebut. karena khawatir ada warga yang lewat dan terkena granat. dari tiga granat, ketemu satu granat, lalu Siswadi menandai granat tersebut dengan ranting dan mencari granat lainnya. namun granat tersebut akhirnya meledak. 

"Dari tiga granat itu, ketemu satu. Waktu saya pegang untuk menandai, tiba-tiba langsung blaaarr," ujar ayah Arya Abdi Rekabari dan Aryani Regina Putri. Seluruh tubuh Siswandi terlindungi baju antigranat namun tangannya tidak tertutup apapun, beliau menyadari kedua tangannya hancur terkena ledakan dari granat tersebut.



Menurut tim dokter kedua tangannya tidak mungkin untuk direkonstruksi. akhirnya memutuskan untuk membuang bagian tangan yang rusak dan mengganti bagian tubuh yang hilang. akhir nya didatangkan technology canggih yang berasal dari Inggris yang softwarenya ada di America yaitu "Tangan Robot Bionic". tangan robot ini dipasang di tangan kanannya . 

Menurut Adi,Dokter alumnus FK Undip, tangan robot Bionic ini hanya digunakan untuk orang yang pernah memiliki tangan, sedangkan jika cacat lahir tidak bisa menggunakannya. dan ini bakal menjadi harapan baru bagi prajurit yang cedera di medan peperangan. 



Lihat Videonya di acara hitam putih


Share on Google Plus

About Arry Kurniawan

0 komentar:

Posting Komentar