Responsive Ads Here

Lambang Mirip Palu Arit Pada Uang Pecahan Seratus Ribu



Frendlynews.cf - Media sosial kini dihebohkan oleh sebuah lambang mirip palu arit pada uang pecahan seratus ribu yang diposting oleh beberapa Netizen di facebook. Lambang "BI" berubah menjadi lambang palu arit yang identik dengan lambang Partai Komunis Indonesia (PKI)

Foto ini menjadi perbincangan di medisa sosial sejak november 2016 dijejaring Facebook. meski sebagian netizen berkata lambang jika diterawang lambang tersebut tetap berlogo "BI" (Bank Indonesia).

sementara Bank Indonesia pun merespons sejumlah pertanyaan tentang logo tersebut. berdasarkan keterangan, Bank Indonesia menjelaskan uang pecahan kertas 100 ribu tahun 2014 mempunyai logo dimiripkan palu arit yang merupakan tanda pengaman yang lazim digunakan BI untuk mencetak uang.

para netizen cenderung khawatir bahwa hal tersebut penyisipan doktrin yang mengindikasikan kebangkitan Partai Komunis Indonesia.

Menurut Bank Indonesia menegaskan bahwa uang tersebut yang masih berlaku mulai dari pecahan 1000 - 100 ribu mengandung unsur pengaman yang disebut rectoverso atau gambar saling isi.

Rectoverso sendiri adalah suatu tehnik  cetak khusus pada uang kertas dengan posisi yang sama dan saling membelakangi dibagian depan dan bagian belakang uang kertas dan terdapat suatu ornamen khusus seperti gambar tidak beraturan. 
Share on Google Plus

About Arry Kurniawan

0 komentar:

Posting Komentar